BUKU AKOMODASI PERHOTELAN JILID 3 PDF

Innovative Marketing. 5, (3). Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. . Statistik Kepariwisataan Buku Statistik Deskriptif dan Regresi Linier Berganda dengan SPSS. Semarang: . Akomodasi Perhotelan Jilid. 1. Home» BUKU PERHOTELAN» TEKNIK DAN PROSEDUR DIVISI KAMAR PADA BIDANG HOTEL Karakteristik Usaha Akomodasi. Penyewaan Akomodasi . auto insurance compare third party car insurance buy health insurance auto .. EFEK SAMPING OBAT · PENGANTAR HUKUM INTERNASIONAL Jilid 2. Semarang, 24 August iii International Conference on Business, Perencanaan dan Implementasi dan Kontrol, Jilid 1, Edisi 13, Erlangga, Aplikasinya dalam Bidang: Pariwisata, Usaha Perjalanan dan Perhotelan. Pengantar Akomodasi dan Restoran, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta Supranto.

Author: Nikogor Kigazahn
Country: Dominican Republic
Language: English (Spanish)
Genre: Science
Published (Last): 12 January 2005
Pages: 427
PDF File Size: 9.76 Mb
ePub File Size: 4.85 Mb
ISBN: 983-5-60673-792-4
Downloads: 20478
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Shakalkree

Buku Imunisasi buku imunisasiFull description. Buku Panahan Buku penjas tentang olahraga panahanFull description. Buku Analisa kimia analisis. Jilud Desa buku desa. Buku Toga Full description. Koleksi Buku New Document. Vila adalah salah satu jenis akomodasi yang juga mengalami perkembangan sangat pesat, tidak saja merespon peningkatan permintaan kamar, tetapi didorong oleh pergeseran modus pariwisata dari mass tourism ke individual tourism di mana wisatawan lebih memilih untuk tinggal di vila yang bersifat lebih pribadi, terutama wisatawan berpasangan dan wisatawan bulan madu.

Villa yang berkembang sangat pesat di seantero Bali, tetapi terbanyak dan tersebar di Kabupaten Badung, khususnya di Kecamatan Kuta Utara.

Pertambahan jumlah vila yang relatif banyak selama lima tahun terakhir menyebabkan terjadinya persaingan usaha jipid ketat dalam menarik wisatawan pada vuku dan memperebutkan pelanggan potensial pada khususnya.

Jklid strategi pemasaran diimplementasikan oleh industri vila, baik bauran pemasaran, personal selling, sales promotion, direct marketing, advertisingmaupun online marketing. Salah satuonline marketinguntuk pemasaran kamar vila adalah online travel agents OTA.

Hal ini juga didorong oleh kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, di mana wisatawn masa kini terbiasa menggunakan internet untuk mencari berbagai informasi mengenai destinasi wisata yang akan dikunjungi sebelum melakukan pembelian, dan mencari informasi di mana layak menginap selama di destinasi wisata. Pemasaran vila menggunakan Online Travel Agents adalah salah satu jenis pemasaran elektronik E-Marketing di samping jenis pemasaran lainnya.

Tujuan penulisan buku ini yaitu, 1 Mengidentifikasi keuntungan dan kerugian pemasarankamar vila melalui online travel agents bagi pengelola vila; 2 Menelusuri motivasi pengelola vila menggunakan online travel agents sebagai mediapemasaran kamar vila; dan 3 Menganalisis faktor-faktor dominan pembentuk persepsi pengelola vila menggunakan online travel agents sebagai media pemasaran. Di samping itu, selesainya buku ini berkat bantuan berbagai pihak yang tidak dapat tim penulis sebutkan satu per satu.

Tidak lupa tim penulis mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada para responden dan para informan baik pengelola vila maupun para pakar di bidangnya yang telah meluangkan waktu diwawancarai untuk memberikan data dan informasi yang bermanfaat terkait dengan pemasaran vila menggunakan online travel agents, sehingga buku ini bisa terwujud sesuai dengan rencana.

Tim penulis alomodasi sepenuhnya bahwa buku ini masih belum sempurna dan masih terasa kental nuansa akademik dengan hitung-hitungan statistiknya. Walau demikian, tim penulis berharap, semoga buku ini ada sedikit manfaarnya bagi pihak-pihak yang menekuni bidang akademik dan yang berkepentingan dengan pengembangan bidang pemasaran.

Terakhir, segala kritik dan saran yang konstruktif diterima untuk penyempurnaan buku ini melalui email: I Nyoman Madiun, SE. Identifikasi Variabel dan Definisi Operasional Variabel Deskriptif Kualitatif dan Analisis Faktor …… Menurut Ismoyo terdapat pergeseran modus pariwisata mass tourism ke individual tourism di mana wisatawan lebih memilih untuk tinggal di vila yang bersifat lebih pribadi. Pergeseran modus pariwisata ini dapat dilihat dari wisatawan yang lebih memilih tinggal di vila yang lebih pribadi, terutama wisatawan berpasangan atau couple dan wisatawan bulan madu atau honey moon.

taastamise alade seire: Topics by

Pergeseran modus pariwisata ini menjadi salah satu penyebab pertumbuhan vila yang semakin pesat. Pertumbuhan vila yang sangat pesat dapat dilihat dari perkembangan jumlah vila yang meningkat dari tahun ke tahun. Jumlah vila di Kabupaten Badung pada tahun tercatat sebanyak 73 vila, meningkat menjadi vila di tahunvila di tahunmeningkat menjadi vila di tahun dan sampai dengan bulan Juli tercatat vila Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, Pembangunan vila di Bali sangat pesat terutama di wilayah Kabupaten Badung dengan persebaran jumlah vila dominan di Kecamatan Kuta Utara Evita, dkk.

  IZOLACJA DNA PLAZMIDOWEGO PDF

Pesatnya pembangunan vila di Kecamatan Kuta Perhotela, karena wilayah Kuta Utara masih memiliki ruang terbuka relatif luas dibandingkan dengan wilayah Kuta Selatan, dan dari Kuta Utara akses relatih mudah ke pantai Kuta. Salah satu persaingan antar usaha vila terlihat dari persaingan yang sangat ketat dalam memperebutkan pelanggan potensial. Berbagai usaha promosi dilakukan oleh industri vila.

Usaha promosi yang dilakukan antara lain melalui berbagai bauran promosi yang dilakukan mulai dari personal selling, sales promotion, direct marketing, advertising dan online marketing salah satunya melalui online travel agents OTA. Promosi pesonal selling misalnya dengan melakukan presentasi lisan dan membuat akomodais melalui telepon.

Promosi sales promotion oleh pengelola vila dilakukan dengan memberikan voucher discount maupun memberikan special rate pada saat tertentu.

Promosi public relation dilakukan dengan memberikan sponsorship pada acara-acara tertentu maupun melalui siaran pers atau press release yang bertujuan agar vila lebih dikenal. Promosi direct marketing oleh pengelola vila misalnya dengan mengirimkan promosi melalui email maupun faximile. Promosi dengan melakukan advertising atau iklan pada media massa juga kerap digunakan oleh pengelola vila untuk membantu vila lebih dikenal oleh pelanggan potensial.

Media promosi lain yang juga digunakan adalah melalui media online marketing, misalnya dengan menggunakan website, blogs dan media sosial.

Beberapa pengelola vila juga menggunakan media promosi lain seperti dengan mengikuti berbagai pameran pariwisata baik di dalam maupun di luar negeri dengan bekerja sama dengan asosiasi vila. Wisatawan umumnya menggunakan internet untuk pemesanan produk wisata mulai dari pemesanan tiket pesawat, jasa akomodasi, paket tur bahkan pemesanan untuk makanan dan minuman di restoran tertentu.

Penjelasan serupa juga diuraikan oleh pengelola vila yang menyebutkan sebagian besar wisatawan melakukan pemesanan melalui internet. Menurut Kotler dan Armstrong Penggunaan internet yang dapat diakses di mana saja, ditunjang oleh peralatan teknologi informasi yang semakin canggih, lebih portabel, dan multi fungsi. Ponsel cerdas, personal digital assistant PDA tanpa kabel memungkinkan pengguna teknologi ini menggunakan berbagai layanan internet, seperti membuka website, email, download musik, dan berbagai layanan internet lainnya.

Peningkatan kepemilikan peralatan dan peningkatan keterampilan pengguna mempengaruhi perilaku wisatawan dalam menentukan perencanaan perjalanan mereka MacKay dan Vogt, Perjalanan bebas telah menjadi tren penting dalam pariwisata moderen.

Pengetahuan wisatawan dalam merencanakan perjalanan ditunjang oleh akses internet dan fasilitas wisatawan yang memberikan informasi yang cukup jelas mengenai destinasi Tsaur dkk. Perkembangan jumlah pengguna internet yang terus meningkat menyebabkan internet dipandang sebagai media pemasaran dan promosi yang sangat potensial.

Data statistik pengguna internet di seluruh dunia yang diperoleh melalui website statista1 mencatat pada akhir tahun terdapat 2. Dilihat dari perkembangan jumlah pengguna internet di seluruh dunia,maka internet sangat potensial sebagai media pemasaran.

TEKNIK DAN PROSEDUR DIVISI KAMAR PADA BIDANG HOTEL

Internet pperhotelan E-maketingmenjadi topik utama dan menjadi alasan kenapa hampir seluruh bangsa di dunia sangat tertarik dengan internet, yang merupakan media interaktif di mana penggunanya dapat berkomunikasi tanpa batas jarak dan waktu yang menjangkau seluruh dunia.

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan aplikasi internet membentuk kelompok konsumen baru yang mengintegrasikan website ke dalam kehidupan mereka seharihari. Website dan media sosial mempengaruhi cara orang berkomunikasi, membuat keputusan, bersosialisasi, belajar, menghibur diri, berinteraksi satu sama lain, dan bahkan melakukan belanja hanya dengan mengklik mouse komputer.

Produk pariwisata tidak dapat dibawa dan tidak dapat dicoba sebelum dibeli. Produk pariwisata hanya menawarkan garansi ketepatan waktu penyediaan jasa dan memberikan kenyamanan atas sarana dan prasarana kepada wisatawan yang melakukan perjalanan wisata. Usaha pariwisata menyediakan brosur, iklan, video, termasuk menggunakan media website guna melakukan promosi atas usaha pariwisata untuk menutupi kekurangan dari karakterisitik produk pariwisata tersebut.

Wisatawan cenderung untuk menerima informasi dari pengalaman orang lain atas layanan suatu usaha pariwisata. Pengalaman wisatawan menjadi media promosi yang sangat ampuh, yang dikenal dengan word of mouth. Online travel agents menayangkan berbagai komentar wisatawan atas layanan usaha wisata yang pernah dialami seperti layanan hotel ataupun vila. Berbagai komentar pada OTA tersebut menjadi sumber informasi penting bagi wisatawan dalam pengambilan keputusan sebelum melakukan pembelian.

Perkembangan pariwisata sangat pesat seiring dengan proses globalisasi dunia Ismayanti, Industri jasa pariwisata juga dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi TIK. Kelebihan TIK adalah akses komunikasi dengan biaya relatif murah, mudah, mampu memberikan informasi terkini up to date serta memperpendek rantai distribusi Ismayanti, Perkembangan TIK memberikan kontribusi bagi perkembangan industri pariwisata dalam memberikan informasi mengenai kepariwisataan melalui internet.

  EXIT THE KING IONESCO PDF

Penyedia jasa wisata memanfaatkan TIK untuk promosi dan membuka akses pemesanan sesuai dengan kebutuhan wisatawan.

Sistem prhotelan pasar pariwisata menurut Ismayanti dimulai dari produsen pariwisata menuju wisatawan melalui sistem akses: Internet membantu wisatawan dalam mengatur perjalanan wisatanya mulai dari reservasi tiket pesawat maupun reservasi akomodasi seperti hotel dan vila. Proses reservasi vila di Kecamatan Kuta Utara saat ini dilakukan, baik secara offline maupun online.

Reservasi offline dilakukan oleh wisatawan dengan datang langsung atau direct guest, sedangkan reservasi online merupakan reservasi melalui internet. Online marketing pada industri akomodasi di Bali pada awalnya dimanfaatkan oleh industri hotel. Industri perhotelan kerap memanfaatkan website sebagai media pemasaran. Semakin meningkatnya pengguna internet di seluruh dunia, maka pemanfaatan online marketing juga semakin meningkat.

Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan TIK, maka pemanfaatan online marketing di sektor akomodasi wisata tidak hanya digunakan oleh industri perhotelan, tetapi juga industri akomodasi vila.

Persaingan antar usaha vila menyebabkan para pengelola vila cenderung untuk melakukan berbagai promosi. Industri vila yang berlokasi di Kecamatan Kuta Utara pada umumnya memiliki website yang dikelola oleh perusahaan vila itu sendiri.

Website tersebut mempunyai tujuan untuk promosi vila dan menjadi salah satu media bagi calon wisatawan untuk melakukan reservasi. Pemanfaatan fasilitas mesin pencari seperi google, bing, yahoo, aolsearch, ask dan lainnya dimanfaatkan dengan cara memasukkan kata kunci tertentu seperti vila di Bali, maka akan ditampilkan berbagai website vila yang berlokasi di Bali. Diperlukan rata-rata pengunjung ke halaman web yang terus meningkat agar websitememperoleh rangking teratas pada mesin pencari.

Karenanya, pengelola vila memanfaatkan online travel agents agar membantu vila untuk lebih cepat di kenal. Gencarnya persaingan antara usaha vila dapat dilihat dari semakin maraknya pihak bhku vila melakukan pemasaran melalui onlinetravelagents.

Perhoteln travel agents umumnya menjual tiket pesawat dan voucher hotel, hostel, vila dan usaha jasa akomodasi lainnya. Online travel agents internasional seperti agoda. Setiap online travel agents berperan sebagai media pemasaran, dan jalur reservasi online dengan kontrak perjanjian yang jelas antara usaha akomodasi dengan pihak online travel agents.

Kontrak perjanjian pada umumnya mengatur persentase komisi, allotment yang disediakan usaha akomodasi untuk online travel agents, dan sistem pembayaran, termasuk aturan biaya pembatalan atau cancellation fee yang menjadi kewajiban pelanggan yang mesti dibayar.

Aturan besaran biaya pembatalan atau cancellation fee untuk masing-masing hotel atau vila berbeda sesuai dengan aturan yang jilic pada hotel atau vila yang bersangkutan. Usaha pariwisata yang bekerja sama dengan online travel agents mulai dari penjualan jasa penerbangan, usaha akomodasi, dan usaha pariwisata lainnya. Terdapat tiga online travel agents besar di Bali yaitu agoda.

akomodasi perhotelan jilid 1 pdf

Perusahaan ini berdiri tahundengan wilayah operasi lebih dari 20 negara, diantaranya Singapura, Thailand, Malaysia, Jepang, Australia, dan negara-negara lain di Asia, Afrika, Timur Tengah, Eropa, dan Amerika Serikat.

Expedia memberikan kebebasan kepada pelanggan potensial untuk memilih dan memesan berbagai pilihan akomodasi hotel, hostel, motel, vila dan akomodasi lain yang beragam di seluruh dunia.

Secara keseluruhan, merek Expedia, Inc. Secara umum online travel agents memiliki cara kerja yang hampir mirip satu sama lain. Berikut uraian proses booking di antara tiga toponline travel agents di Bali.

Tata cara booking perhotelqn pembayaran pada agoda. Proses pembayaran pada agoda. Berbeda halnya dengan booking. Terdapat dua jenis pembayaran yang disediakan oleh expedia.

Saat pelanggan melakukan booking, pelanggan akan diberikan dua pilihan untuk pembayaran penuh atau pembayaran deposit. Jika yang dipilih adalah sistem pembayaran penuh, maka expedia yang akan melakukan penagihan atau collect payment. Observasi alomodasi menunjukkan bahwa jumlah reservasi melalui website yang dikelola oleh vila sendiri masih kurang jika dibandingkan dengan reservasi melalui online travel agents.